loader gif

POP3 vs IMAP

POP3 dan IMAP adalah protokol untuk menghubungkan server email untuk email klien. Atau, bahasa umumnya adalah dua metode berbeda yg memungkinkan kamu untuk men-download pesan email ke komputer, ponsel, tablet dan sebagainya.

Dalam pengertian umum nya, keduanya adalah teknologi yang akan memberikan kamu untuk mengakses email.

Sedikitnya ada 6 perbedaan yang mencolok antara POP3 dan IMAP.

POP3

  1. Email harus didownload terlebih dahulu sebelum ditampilkan sehingga memiliki beberapa kelemahan seperti : Anda harus mendownload lagi dari awal secara berulang – ulang jika menggunakan komputer yang berbeda.
  2. Email yang sudah didownload ke komputer akan terhapus dari server tergantung dari setting Email client. Jika hal ini terjadi, maka saat Anda menggunakan komputer lainnya, Anda tidak bisa lagi membaca semua email anda secara penuh.
  3. Semua email dan file attachment akan terdownload secara menyeluruh saat melakukan cek email dari email client.
  4. Outgoing Email hanya akan tersimpan secara lokal di komputer (email client).
  5. Anda hanya bisa mengatur email di komputer lokal saja. Saat anda menghapus sebuah email, maka hanya email di komputer Anda saja yang terhapus, sedangkan di email server tetap ada dan harus anda hapus secara manual.
  6. Butuh waktu yang lama untuk reload email dari email server ke komputer Anda.

IMAP

  1. Email masih tersimpan di server email sehingga tidak perlu mendownload semua email dari awal jika diakses menggunakan komputer lain. Perubahan yang dilakukan di komputer satu akan berdampak pada email server dan komputer yang lain tentunya.
  2. Sangat mudah dalam mengidentifikasi Email yang belum terbaca.
  3. Pesan yang didownload hanya pesan yang anda akses saat itu untuk ditampilkan di komputer remote. Lebih praktis, cepat dan hemat waktu.
  4. Outgoing Email bisa tersimpan secara realtime di email server dan bisa diakses oleh komputer manapun yang menggunakan IMAP.
  5. Anda bisa mengatur email server dari komputer secara real time. Saat anda mengapus email di komputer remote, maka anda juga telah menghapusnya dari Email server. Sinkronisasi antara server email dan komputer akan selalu terjadi secara otomatis sehingga yang kita akses di komputer adalah kondisi email secara real time yang ada di email server.
  6. Waktu reload email jauh lebih cepat dari POP dan sinkronisasi antara email server dan komputer remote akan selalu terjadi secara otomatis saat anda melakukan aktivitas di komputer remote anda.

Singkatnya adalah POP3 dapat melakukan penghapusan di lokal (komputer, ponsel, tablet, dsb) tetapi masih ada di servernya, beda dengan IMAP, jika melakukan penghapusan di lokal, maka di server pun akan terhapus permanen.

Source :

  1. http://topaninfo.blogspot.co.id/2013/05/Beda-Antara-POP3-dan-IMAP-penjelasan-cukup-lengkap.html
  2. http://klikhost.com/perbedaan-protokol-email-pop3-vs-imap/

Leave a Reply